Rabu, 14 Oktober 2015

Fabel "Naga yang Mencari Teman''



                         Naga yang Mencari Teman

             Di sebuah hutan, ada seekor naga yang malang. Dia hidup sendirian. Dia tidak punya teman karena teman-temannya sangat takut padanya. Sebab dia berbadan besar berwarna hijau, berkuku tajam, dan setiap dia berbicara mulutnya selalu mengeluarkan api. Dia sangat sedih.
              Suatu hari, ada seekor burung nuri baik hati dan peduli kepada naga. Dia menghampiri naga dengan sedikit ketakutan dan berkata,” Oh, naga... Dari pada di hutan lebih baik kau pergi ke kota Xue Shan, disana kau pasti akan memiliki banyak teman.” Saat naga ingin menjawab, burung nuri pun langsung pergi karena dia tahu saat naga menjawab ucapannya, naga akan mengeluarkan api dari mulutnya. Naga pun berpikir sebaiknya dia mencoba pergi ke kota Xue Shan.
               Naga akhirnya pergi ke Kota Xue Shan. Saat sampai di Kota Xue Shan, naga merasa kedinginan, karena di Kota Xue Shan selalu mengalami musim salju. Orang -orang disana pun tampak sangat kedinginan sampai menggigil. Lalu naga berpikir, lebih baik aku membantu mereka untuk menghangatkan mereka.
               Saat naga mendekati mereka dan menyemburkan api dari mulutnya, orang- tampak kaget, kenapa tiba- tiba terasa hangat. Orang- orang pun menolehkan kepalanya ke belakang, dan ternyata ada seekor naga. Lalu merreka sangat ketakutan. Mereka langsung berlari masuk ke rumah-rumah masing.
              Naga pun tampak sedih, ternyata semuanya sangat takut padaku, tidak ada yang mau berteman denganku. Lalu seorang kepala desa yang bijaksana berteriak ke warga-warganya “Jangan takut warga-warga, naga ini justru akan membantu kita, dia akan membantu menghangatkan kita.” Kepala desa tersebut lalu bicara kepada naga “ Jangan takut naga,orang-orang disini pasti akan menyukaimu.” Mendengar kata tersebut, naga pun tampak senang. Dia langsung menyemburkan api dari mulutnya dan menghangatkan kepala desa tersebut.
              Ada seorang warga yang berkata “Ternyata naga itu baik, dia dapat membuat kita hangat.” Mereka pun langsung keluar dan mendekati naga. Mereka merasa sangat hangat. Naga sangat senang karena akhirnya ada banyak orang yang mau berteman dengan dia. Naga pun akhirnya tinggal disana dan hidup bahagia selamanya...

Dari cerita di atas, kita mengetahui bahwa kekurangan naga membuat tidak ada yang mau berteman dengannya  tapi ternyata bagi sebagian orang kekurangan naga malah dapat membantu banyak orang dan membuat orang lain bahagia. Jadi, kita tidak boleh sedih dengan kekurangan kita, malah ternyata di balik kekurangan kita, justru ada kelebihan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar